Sebatas corat-coret dari tangan seorang manusia


Pantai Sanggar Tanggunggunung Tulungagung

Tidak ada komentar
Pesona keindahan Pantai Sanggar sungguh menggoda. Pantai Sanggar terletak di Desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung propinsi Jawa Timur. Merupakan salah satu pantai selatan pulau jawa.

Pantai sanggar sangat jernih dan bersih karena masih jarang dikunjungi wisatawan. Dengan pesona pasirnya yang putih membuat kita pasti pengen berlama - lama disini.

Pantai Sanggar belum dikelola oleh pihak manapun....

Pantai Sanggar juga bersebelahan dengan Pantai Ngalur yang keindahannya juga tidak kalah menarik.

Pantai ini berhubungan langsung dengan Samudra Hindia sehingga ombaknya agak besar. Keberadaan hutan lindung semakin menambah kecantikan pantai ini.

Tapi sayang kesadaran masyarakat setempat dalam menjaga hutan masih kurang sehingga ilegal logging masih sering terjadi.

Pada sore hari ketika air laut surut, kita bisa mencari kerang atau mungkin sekedar mengamati kehidupan bawah laut dari balik batu karang.Pantai Sanggar bagus buat petualang.


Sering kali kita jumpai lobster yang masih kecil ikut terseret arus ombak sampai ke bibir pantai. Dan binatang - binatang laut lainnya yang tidak kalah menarik seperti bintang laut, kuda laut dan masih banyak lagi.
Transportasi yang bisa digunakan untuk sementara masih sepeda motor, mobil belum bisa sampai pantai. [by 
http://pantai-sanggar.blogspot.com/]


Hembusan angin laut, suara demburan ombak menambah semangat untuk segera ke Pantai Sanggar. Wow ... kata pertama pengunjung mahasiswa dari Bali. Mahasiswa tersebut kami panggil Iko dan berkata "Pantai Dreamland Bali kalah"


Mulai saat itu Paciwistu menyebut Pantai Sanggar adalah Pantai Dreamland Tulungagung. Air laut yang jernih, hamparan pasir putih nan luas, panorama pepohonan nan hijau, angin sepoi - sepoi kalau Paciwistu sebut Pantai masih Perawan. Hemm indah ... langsung cebur mandi, main pasir, ada yang main futsal, ada yang terduduk menikmati Pantai, ada menyiapkan makanan. (berita berdasarkan kegiatan Paciwistu, tanggal 11 November 2012)

Menuju Pantai Sanggar dari Tulungagung, di mulai dari Terminal Gayatri perjalanan naik sepeda motor kurang 1,5 jam berjarak kurang lebih 46 km. Sepeda motor dari Terminal Gayatri menuju perempatan tamanan, belok kanan, menuju Boyolangu dilanjut terus sampai Campurdarat, sampai SMU Campurdarat belok kiri, nanti ketemu tempat wisata juga yang bernama Telaga Mburet (sumber air yang indah) terus menuju Tanggunggunung, terus ke arah desa Jenglungharjo, dan finish dusun Ngelo.

Dari Dusun Ngelo bisa naik sepeda motor, tapi hati - hati jalan masih tanah, kalo takut bisa ojek ke warga setempat, dan lebih aman jalan kaki. Teman Paciwistu paling suka jalan kaki, ada sedikit nuasa adventure kurang lebih 35 menit sampai Pantai Ngalur (Keindahan Pantai Ngalur sama dengan Pantai Sanggar) terus menyusuri Pantai Ngalur menyebrang karang sedikit sampailah ke Pantai Sanggar.

Di Pantai Sanggar tidak ada yang jualan, resiko kalo pantai masih perawan. Karena itu disarankan membawa air mineral 1.500 ml minimal 2 botol, nasi bungkus 2 buah, jas hujan, snack yang banyak, buah, jangan lupa kamera untuk mengabdikan moment, dan tisu basah bagi perempuan. [by 
http://paciwistu.com]

Rute menuju Pantai Sanggar dari Jalur Kediri

Pertama,
Anda masuk dulu ke kabupaten tulungagung, lurus saja, ikuti petunjuk jalan sampai anda memasuki keramaian kabupaten Tulungagung.

Gapura Perbatasan Tulungagung - Kediri
Kedua, 
Setelah anda memasuki keramaian kabupaten tulungagung, sampai akhirnya anda ketemu dengan Perempatan Jepun Tulungagung. Tandanya, ada air mancur bambu runcing.


Perempatan Jepun Tulungagung

Ketiga,

Temukan Perempatan Tamanan Tulungagung, Untuk menemukan Perempatan Tamanan Tulungagung, yaitu dari Perempatan Jepun ke barat (atau jika anda dari kediri berarti belok kanan). Setelah anda melewati Hotel Crown Victoria, anda akan menemui sebuah perempatan, nah itulah perempatan tamanan Tulungagung. Berikutnya dari Perempatan Tamanan itu, anda belok ke selatan, atau jika anda dari kediri berarti belok kiri.

Perempatan Tamanan Tulungagung


Jika arah anda benar, anda akan menemui SMA 1 Boyolangu, kemudian ikuti terus jalan tersebut sampai akhirnya anda menemukan Pertigaan Pasar Campurdarat Tulungagung.
Keempat,
Temukan Pertigaan Pasar Campurdarat Tulungagung, kemudian ambil jalur ke kiri arah pantai Popoh.
Kelima,
Temukan SMA 1 Campurdarat, Dari Pertigaan sebelum SMA 1 Campurdarat, anda ambil ke kiri,
Keenam
Temukan SMPN 1 Tanggunggunung,
Ketujuh,
Temukan Dusun Ngelo, yang kemudian anda menemukan Masjid di Dusun Ngelo

Dari Masjid ini, kalian tanya warga sekitar tentang perjalan ke arah Pantai Sanggar. Termasuk ijin parkir kendaraan anda.
Rangkuman,
Petunjuk 1 - 7 itu secara lengkap sudah kami rangkum di dalam Google Map, anda tinggal ikuti saja Penandanya agar anda tahu kemana saja dan apa saja yang dapat anda temui dari perjalanan anda tersebut.

Mudah saja, tinggal Klik DISINI untuk mendapatkan petanya secara lengkap.



Lihat Perjalanan ke Pantai Sanggar Tulungagung di peta yang lebih besar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN PESAN/KOMENTAR ANDA DEMI PERBAIKAN BLOG INI.Jika tidak punya id/email cukup Pilih URL/Website dan isi Url dengan alamat web/blog/FB/twitter anda. Gampang Bukan ?